Senin, 08 April 2013

Etika dan Kredibilitas Dalam Jurnalistik Online



.


Pesatnya perkembangan teknologi, terutama teknologi komunikasi elektronik, akan menyebabkan media massa sedikit banyak akan mengalami pergeseran atau revolusi ke arah yang lebih canggih. Mulai dari buku, majalah, surat kabar, atau media cetak lainnya tidak memakai kertas lagi karena kita bisa membacanya secara online.

Media online menyajikan informasi cepat dan mudah diakses dimana saja. Jurnalisme online adalah proses penyampaian informasi atau pesan yang menggunakan internet sebagai medianya sehingga mempermudah jurnalis dalam melakukan tugasnya.

Jurnalisme online merupakan proses penyampaian informasi dengan menggunakan media internet. Internet mempermudah pekerjaan jurnalistik, sebab jurnalistik dapat dapat dilakukan melalui PC atau komputer. Dengan menggunakan internet sebagai alat reportase atau sumber informasi bagian media-media tradisional atau koran.

Karakteristik jurnalisme online yang paling popular adalah sifatnya yang real time. Berita, kisah-kisah, peristiwa-peristiwa, bisa langsung dipublikasikan pada saat kejadian sedang berlangsung. Ini barangkali tidak terlalu baru untuk jenis media tradisional lain seperti TV, dan radio,

Dalam penyampai berita jurnalistik online harus berpedoman pada kode etik seorang jurnalis. ETIKA jurnalistik merupakan masalah penting dalam situasi Indonesia saat ini di mana kebebasan pers begitu besar. Dengan kebebasan yang dimiliki kini pers di Indonesia  bisa meliput dan memberitakan apapun yang dianggap mempunyai nilai berita tanpa khawatir adanaya masalah yang muncul.

Seseorang dalam jurnalistik harus memegang kejujuran sebagai seorang wartawan dan tidak boleh menerima pemberian orang lain yang bisa memengaruhi berita yang akan ditulis karena itu bisa dianggap suap.

0 komentar:

Posting Komentar