Senin, 08 April 2013

Jurnalistik Online dan Konvergensi Teknologi



Perkembangan teknologi di era sekarang ini maju dengan begitu pesatnya. Hal ini dapat menimbulkan muncunya teknologi yang semakin canggih dan beragam. Dengan munculnya teknologi yang semakin canggih dan beragam, banyak media-media memanfaatkan teknologi komunikasi dengan membuat berita online. media online kini telah menjadi salah satu media komunikasi yang telah mendapat banyak perhatian dan menjadi favorit bagi masyarakat. Hal ini di sebabkan karena media online sangat mudah di akses dan berita-berita yang muncul merupakan berita terbaru dan teraktual..

Media online juga berarti media massa yang tersaji secara online di situs website internet. Secara teknis, media online adalah media berbasis telekomunikasi dan multimedia komputer dan internet. Pesatnya perkembangan teknologi, terutama teknologi komunikasi elektronik, membuka peluang jejaring komunikasi yang semakin personal, dengan perangkat  yang semakin ringkas dan bermobilitas tinggi.

 Dengan pesatnya perkembangan teknologi konunikasi elektronik, akan menyebabkan media massa sedikit banyak akan mengalami pergeseran atau revolusi ke arah yang lebih canggih. Mulai dari buku, majalah, surat kabar, atau media cetak lainnya tidak memakai kertas lagi karena kita bisa membacanya secara online. Perkembangan media online sejalur dengan makin merambahnya internet di setiap pelosok di Indonesia, serta merebaknya handphone yang bisa dengan mudah mengakses internet.

Konvergensi teknologi dan media ini lah yang melahirkan jurnalisme online. jurnalisme online merupakan perubahan baru dalam ilmu jurnalistik. Media online menyajikan informasi cepat dan mudah diakses dimana saja. Jurnalisme online adalah proses penyampaian informasi atau pesan yang menggunakan internet sebagai medianya sehingga mempermudah jurnalis dalam melakukan tugasnya.

 Jurnalisme online merupakan proses penyampaian informasi dengan menggunakan media internet. Internet mempermudah pekerjaan jurnalistik, sebab jurnalistik dapat dapat dilakukan melalui PC atau komputer. Dengan menggunakan internet sebagai alat reportase atau sumber informasi bagian media-media tradisional atau koran.

0 komentar:

Posting Komentar