Minggu, 02 Juni 2013

Peraih Nilai UN Tertinggi Jepara, Dapat Beasiswa ke Luar Negeri

DERETAN prestasi diraih Ahdyat Zain Athoillah, siswa Madrasah Aliyah (MA) Hasyim Asyari Bangsri Jepara. Siswa kelahiran 20 Mei 1995 itu meraih prestasi membanggakan dengan menjadi peraih nilai tertinggi Ujian Nasional (UN) 2013 se-Jepara telah diumumkan
. Zain, panggilan Ahdyat Zain Athoillah, membukukan nilai 56,95 untuk enam mata pelajaran. Dia rata-rata mendapatkan nilai 9,49. Zain menjadi yang tertinggi jika dibandingkan dengan peraih nilai tertinggi untuk sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK).

Apa yang diraih putra pasangan Drs Ali Murtadho dan Nur Masnah SAg SPd itu tidak instan. Dia harus membekali diri dengan semangat belajar tinggi. Zain, siswa Jurusan IPA itu, mengaku harus susah payah ketika masuk kelas X. Apalagi ketika masuk di MA Hasyim Asyari, Zain tidak punya bekal matang tentang mata pelajaran eksak.

"Sebelum di MA Hasyim Asyari, saya lulusan MTs Mathaliul Falah Kajen Pati. Tak ada perhatian khusus soal materi eksak. Tapi, ketika masuk saya nekat ke IPA Imersi yang juga punya nilai plus di bahasa Inggris. Dalam pikiran saya waktu itu, saya yakin bisa," ujar Zain.

Selain dalam bidang akademik, Zain juga menjadi langganan juara dalam perlombaan tingkat kabupaten atapun provinsi. Beberapa prestasi yang pernah ditorehkan Zain adalah juara pertama pidato bahasa Inggris dalam Lomba Perseni di Pati pada 2010. Selain itu, juara pertama debat bahasa Inggris di IAIN Walisongo Semarang pada 2011 dan juara kedua debat Bahasa Inggris di IAIN Walisongo Semarang pada 2012.

0 komentar:

Posting Komentar